machan – Paguyuban Kacong Cebing Sumenep (PKC) komitmen untuk mengangkat UMKM lokal melalui program promosi destinasi wisata kuliner yang digelar hari ini di Pasar Kebun, Saronggi, Sumenep pada Ahad, (20/7/25)
Program Promosi “PKC Goes To promote UMKM, UMKM SumenepLevel Up” Sasar Pasar Kebun Dengan mengusung tema “UMKM Sumenep Level Up”, PKC secara khusus memfokuskan kegiatan promosi di Pasar Kebun yang dikenal sebagai jantung kuliner tradisional Sumenep dan juga terdapat puluhan UMKM yang menyajikan makanan tradisional khas Sumenep yang sarat akan nilai budaya dan cita rasa autentik.
Ketua Paguyuban Kacong Cebing Sumenep, Khairil Anwar, menegaskan bahwa program ini memiliki tujuan yaitu membantu promosi destinasi wisata kuliner sekaligus melestarikan warisan kuliner nenek moyang yang tidak boleh dilupakan.
“Makanan tradisional Sumenep yang disajikan UMKM di Pasar Kebun ini adalah warisan berharga yang tidak boleh dilupakan. Kami PKC berkomitmen mengenalkan kepada semua kalangan, terutama generasi muda milenial, Gen z, Gen Alpha, agar tidak terlupakan oleh jajanan-jajanan baru yang terus bermunculan,” ujar Khairil Anwar.
Selain itu khairil juga menyebut bahwa makanan tradisional sumenep memiliki potensi menjadi daya tarik untuk mesayarakat berkunjung
“Makanan tradisional Sumenep memiliki potensi besar untuk menjadi daya tarik wisata kuliner yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tambah Khairil.
Selain itu Kadisbudporapar Sumenep Iksan mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kacong cebing sumenep langsung action
“Bagus Kacong cebing sumenep langsung action untuk mempromosikan objek wisata sumenep, hari ini ke Pasar Kebun dan selanjutnya ke semua objek Wisata yang ada di Kabupatwn sumenep”
Selain itu kadisbudpopar menginginkan kegiatan kacong cebing sumenep berdampak bagi masyarakat dan pertumbuhan pariwisata di kabupaten sumenep
“Semoga kegiatannya tetap bisa bermanfaat bagi penggiat wisata, dan masyarakat kabupaten sumenep.”